Dapur Rekaman Pribadi

Pssst…waktu kecil saya pernah bercita-cita menjadi penyanyi loh… Hehehe… Walaupun semakin beranjak dewasa ternyata cita-cita itu semakin terlupakan. Berganti cita-cita menjadi arsitek saat SMP dan berubah menjadi ekonom saat saya masuk SMA. Dan akhirnya (eh belum akhir juga sih) masuk jurusan Ilmu Ekonomi saat kuliah S1.

Sebenarnya alasannya sederhana saja kenapa ingin jadi penyanyi. Menyanyi adalah hobi saya waktu kecil (mungkin sekarang juga) dan kalau saya jadi penyanyi, saya akan dibayar untuk melakukan yang saya sukai. Udah gitu kok kayaknya penyanyi itu uangnya banyak ya..haha.. (anak matre! $__$)

Anyway..nggak tahu sih apakah postingan kali ini ada hubungannya dengan cerita di atas. Jadi, akhir-akhir ini saya dan adik-adik di rumah punya hobi baru: rekaman via soundcloud.com. Mereka sih sudah pernah rekaman sebelumnya, saya aja yang baru. Kami rekaman bareng dan menyanyikan lagu anak-anak.

Sebetulnya, saya memang dulu pernah kepikiran ingin membuat kompilasi lagu anak-anak yang dinyanyikan sendiri atau dengan teman-teman. Kasihan anak zama sekarang nggak punya lagu yang sesuai dengan usianya.

Waktu saya mengajar di Pulau Bawean, saya dengan pedenya mengajak murid-murid saya menyanyikan lagu ‘Pelangi-Pelangi’ bersama, dan mereka langsung hening. Oemji…ternyata mereka belum tahu lagu itu. Jadilah setahun itu saya banyak mencekoki mereka dengan lagu anak-anak dan lagu daerah sebagai penyeimbang lagu dewasa, lebih parah lagi lagu dangdut yang cukup vulgar yang sering diperdengarkan orang-orang dewasa di sekitar mereka (sedihhh…).

Kita pasti sadar bahwa memperdengarkan lagu sesuai usia anak sangat mempengaruhi perkembangan emosi dan perilakunya. Lagu anak-anak ciptaan Pak AT Mahmud misalnya, lagunya enak didengar, liriknya mudah dihapal, serta isinya menceritakan keseharian anak-anak dan sarat akan pelajaran kebaikan.

Coba perhatikan lirik lagu ‘Amelia’ ciptaan Pak AT Mahmud berikut.

Oh amelia gadis cilik lincah nian
Tak pernah sedih, riang selalu sepanjang hari
Oh amelia gadis cilik ramah nian
Dimana-mana amelia temannya banyak

Oh amelia banyak sungguh kelakarmu
Tak jemu-jemu tanya sana tanya sini
Oh amelia banyak sungguh gaya gerakmu
Menari-nari sambil bernyanyi senang sekali

Dari situ anak-anak belajar dari sifat Amelia yang menyenangkan sehingga ia punya banyak teman.

Nah, jadilah Amelia menjadi lagu pertama kami saat rekaman di rumah.

Minggu depannya, kami rekaman lagi lagu tema kartun kesukaan kami, yaitu ‘Mojacko’. Lagu ini aslinya dinyanyikan Zico yang suaranya halus lembut walaupun ia cowok. Hehe..

Sebenarnya semua berawal dari keisengan di waktu senggang. Namun rasanya seru juga kalau semakin banyak rekaman sebagai hadiah untuk anak-anak saya nanti (amin…), hehehe..

Oh ya, saya juga suka menengarkan instrumen lagu anak-anak di akun youtube yang bernama TembangCilik. Ini salah satu videonya:

http://www.youtube.com/watch?v=1wR61ZyXT8c&list=UUgbe7a7QVPKgYP1q-RjwDFw

Indahnya lagu anak-anak! πŸ™‚

1865143963390123180513

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. Erit07 says:

    Anak skg kebanyakan nyanyi lagu org dewasa,..

    Like

  2. tinsyam says:

    baru tahu pun lagu ini.. tapi ga bisa denger..

    Like

    1. Hehe..lagu mana mbak yang baru dengar? Amelia?

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s