Nggak ada noda ya nggak belajar

Pagi itu wajah-wajah ceria telah hadir di SDN 4 Telukjatidawang, Bawean. 11 Juli 2011, hari pertama di tahun ajaran 2011-2012. Bagi kebanyakan anak, pertanyaan yang muncul ketika kembali bersekolah adalah “saya akan belajar apa”. Tidak demikian dengan murid-murid di sekolahku. Wajah ceria mereka disambut oleh kenyataan bahwa pembangunanan ruang kelas mereka belumlah selesai. Maka pertanyaan…

Drama

Bagiku ini adalah drama, tetapi mungkin tidak bagi orang-orang Bawean. Awal Januari aku dan teman-teman Pengajar Muda (PM) Bawean hendak kembali ke Pulau Bawean karena masa libur sekolah telah usai. Sayang seribu sayang. Sudah seminggu belakangan kapal Bahari Express tak beroperasi. Hal ini tak lain karena cuaca yang sedang tidak bersahabat. Angin kencang dan gelombang…

Nggak Takut Setan

Sepanjang tahun selama saya tinggal dan mengajar di Bawean ada saja percakapan-percakapan macam begini. Iya deh.. saya memang pernah lari ketakutan waktu ngeliat tikus di lemari sekolah. Sementara murid-murid cowok pada semangat dan berani waktu diminta menangkap tikus.

Pulang (ke Bawean)

Aku doakan agar Ibu sampai ke Jakarta dan semoga tidak ada rintangan. Aku senang punya Ibu seperti Ibu Icha. Saya tidak akan melupakan Ibu sampai kapanpun. Dan saya menyimpan foto ibu baik-baik sampai saya tua biar saya ingat terus sama Ibu. Dan saya akan mencari Ibu kalau saya tua. (Surat perpisahan dari Umi Kulsum, 2012)

Kardus Bekas

Sebetulnya bukan hanya kardus. Banyak barang bekas yang bisa digunakan kembali. Selain dalam rangka mengurangi sampah, juga menambah nilai guna barang bekas tersebut. Hari ini saya iseng bernostalgia dengan membuka album-album lama. Nah, sampailah di album foto bulan November 2011 (saya mengklasifikasikan folder foto berdasarkan tahun, kemudian bulan dan tanggal). Waktu itu saya masih mengajar di…

Kabar dari Bawean

Mungkinkah terjadi perubahan jika tidak ada yang mau turun tangan langsung? -Anies Baswedan Saat mendapatkan sinyal internet, Ano, Pengajar Muda (PM) angkatan VI (Indonesia Mengajar) biasanya menyempatkan mengirim kabar dari Pinang Gunung, Bawean. Dusun Pinang Gunung adalah lokasi SDN 4 Telukjatidawang, sekolah tempat saya mengajar pada 2011-2012 lalu. Ano adalah PM ketiga yang bertugas di sana….

Simple Happiness

“Ibu, aku mau kasih tahu sesuatu” “Apa sayang?” “Kata anak-anak, nanti kalau Ibu pulang semuanya mau nangis… “ Dan aku hanya bisa terdiam.

Tentang Koma

Pagi itu 28 Juni 2013. Koma (murid saya di Bawean) mengirim pesan singkat yang membuat saya meleleh: Halo, Ibu lagi ngapain? Bu, tadi malam kan aku nelfon ibu, ibu bilang kangen aku kan, terus aku tidur, eh aku bermimpi ibu sudah sampai ke Bawean. Dalam mimpi aku berkata: hah? Cepat banget ibu icha sampai di…

One fine day: 24 March in Bawean

24 Maret 2012 ini saya berulang tahun yang kesekian. Just like another day. Bangun subuh, mengaktifkan hape, dan menaruhnya di jendela. Sebagai informasi, di Bawean ini sinyal hanya ada di spot tertentu saja, kalau di rumah hostfam saya ya salah satunya di jendela kamar. Hehe… Ajaib ya? Geser sedikit saja, sinyalnya hilang. Bahkan dalam posisi…

AADB? (Ada Apa di Bawean?) – Bagian 3

Di luar rencana, saya menulis bagian ketiga dari tulisan berseri AADB ini. Dalam dua bulan terakhir sebelum meninggalkan Bawean, saya dan teman-teman tak mau melewatkan sajian keindahan panorama Bawean yang belum sempat kami nikmati. Berikut beberapa tempat yang amat sayang dilewatkan jika Anda berkunjung ke Bawean (Ya! Anda harus ke Bawean!).

AADB? (Ada Apa di Bawean?) – Bagian 2

Pertanyaan pertama, bagaimana cara menuju Bawean? Jika Anda berasal dari berbagai kota di seluruh penjuru Indonesia, petunjuk pertama yang dapat saya berikan adalah pergilah menuju Surabaya. Bisa lewat jalan apa saja, darat, laut, dan udara. Misalnya dari Jakarta, Anda bisa ke Surabaya dengan menggunakan pesawat, kereta api, bus, travel, atau kendaraan pribadi. Singkatnya seperti ini:…

AADB? (Ada Apa di Bawean?) – Bagian 1

Semenjak saya ditugaskan mengajar di Pulau Bawean, Jawa Timur, banyak teman yang kemudian bertanya-tanya, “Di sana ada tempat wisata nggak, Cha?” atau “Pantainya bagus nggak, Cha?” atau “Gimana sih cara kesana?”, dan sebagainya. Jujur saja, sebelum saya bergabung dengan Gerakan Indonesia Mengajar, saya belum pernah mendengar tentang Bawean. Padahal di negeri tetangga kita, Malaysia dan Singapura, orang Boyan (sebutan untuk…