Liburan Murah ke Beijing, Coba Saat Awal Musim Dingin!

Bisa dibilang, waktu yang jadi favorit saya untuk traveling adalah musim apapun kecuali musim dingin. ๐Ÿ˜€ Tapi, saya pernah juga kok traveling saat musim dingin. Pertama, jika memang tujuannya untuk naik gunung dan melihat/merasakan salju. Hehe.. Kedua, karena musim dingin itu termasuk low season sehingga tujuan wisata tidak terlalu ramai dan harga tiket penerbangan pun tidak terlalu mahal. Lumayan kan, bisa menekan budget. Yang sedang berencana atau punya pengalaman traveling ke luar negeri, mungkin pernah cek-cek tiket pesawat dan kesediaan akomodasi? Biasanya harga tiket melonjak saat liburan musim panas (sekitar Juli – Agustus). Hotel dan penginapan juga banyak yangย full booked, atau kalaupun tersedia, harganya sudah terbilang mahal.

Ada salah dua negara Asia yang ada dalam wish list saya: India dan Tiongkok. Ada beberapa buku perjalanan yang menginspirasi saya untuk mengunjungi kedua negara tersebut. Faktor lainnya, karena dua negara berkembang tersebut sering sekali menjadi contoh dalam kasus-kasus ekonomi. Saya jadi penasaran ingin menginjakkan kaki di sana dan menyaksikan langsung tak hanya keindahan alam dan budayanya, tetapi juga dinamika sosial dan ekonominya.

Jika ke Tiongkok, salah satu kota yang ingin saya kunjungi adalah Beijing. Tahukah kamu ada trik untuk dapat liburan murah ke Beijing? Caranya adalah datanglah saat awal musim dingin. Mengapa? Seperti saya sampaikan sebelumnya, musim dingin termasuk low season. Biasanya Beijing tidak ramai pengunjung pada masa tersebut. Tidak heran jika tiket pesawat pun cukup terjangkau dibandingkan biasanya. Salah satunya tiket dari maskapai China Airlines.

Meski berudara dingin, bukan berarti sedikit hal yang menarik di negeri tirai bambu tersebut. Justru kita akan menikmati โ€œsesuatu yang berbedaโ€. Tentu saja, salah satunya salju yang tidak ada di tanah air (kecuali kalau mendaki puncak Jayawijaya hehe..).

ย 

Yang Menarik Saat Musim Dingin di Beijing

Sebelum kesampaian traveling ke sana, saya coba list dulu ah beberapa beberapa hal menarik saat musim dingin di Beijing, Tiongkok:

  • Tentu saja, salju!

Sebagai penduduk negara tropis, tak bisa dipungkiri bahwa salju hampir selalu menarik hati. Untuk menikmati salju tersebut, tak perlu jauh-jauh ke Eropa karena di negara-negara tetangga kita di Asia, kita juga bisa menikmati hal tersebut, salah satunya adalah Tiongkok. Beijing sendiri punya tempat bermain ski yang sangat keren lho.

2
Source: cnn.com
  • Ke danau beku dan nikmati serunya ice-skating

Masih dengan tema salju, di Beijing, tepatnya di kawasan Shichahai, saat jalan-jalan ke sini kita akan menemukan danau beku yang asyik dijadikan arena ice-skating. Meski sangat seru namun tetap hati-hati, ya. Ini karena ada beberapa lapisan es yang bisa jadi menipis. Oh ya, selain ice-skating, tersedia skating chair yang mirip dengan kereta salju namun berukuran kecil. Asyik! Bagus juga sebagai alternatif bagi yang tidak bisa ice-skating. Hehe..

Kawasan ini tidak begitu jauh, kok, dari Bandara Udara Internasional Beijing di mana kita akan mendarat dengan maskapai China Airlines.

  • Mencicipi beragam kuliner khas musim dingin

Ada yang istimewa di musim dingin di Beijing, yaitu menu makanannya. Ada beberapa menu terutama manisan buah khas Tiongkok yang hanya dijajakan saat musim dingin saja. Jajanan ini bisa ditemukan beragam jajanan tersebut di banyak sudut kota, khususnya di pintu masuk objek destinasi wisata.

3
Foto: thebeijinger.com

 

  • Musim dingin biasanya tidak seramai musim panas

Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, musim dingin di Beijing tidaklah seramai musim panas. Contohnya saja di wilayah tembok besar Tiongkok dan Forbidden City, kawasan tersebut sangatlah ramai saat musim panas,ย bahkan pengunjung hampir โ€œmenyemutโ€. Nah, berbanding terbalik dari itu, musim dingin menawarkan suasana yang lebih tenang. Memang sih konsekuensinya adalah cuaca yang sangat ekstrem yang cukup menusuk. Jadi, siapkan sweater dan jaket tebal, ya!

  • Semarak tahun baru

Meski cukup sepi dikunjungi turis, pada akhir musim dingin, Beijing menawarkan pengalaman yang tidak biasa. Kita bisa ikut dalam gagap-gempita semarak tahun baru bersama warga setempat. Alternatif lainnya, bisa juga datang mendekati Februari untuk menikmati beragam perayaan seru warga Tiongkok. Kota Beijing memang cukup padat oleh warga setempat pada waktu tersebut.

Baca juga : Lost in Chinese Garden

Kemana Saja Saat Sampai di Beijing?

4
Foto: dailymail.co.uk

Nah, untuk pertanyaan ini, sebenarnya ada banyak sekali jawabannya. Beijing memiliki โ€˜sejutaโ€™ tempat untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah taman, misalnya Taman Beihai, Taman Jingshan, Taman Tiantan, dan lain sebagainya. Meski berlabel taman namun masing-masing taman tersebut menghadirkan keunikan yang bahkan tidak dimiliki oleh taman-taman lain di dunia. Kemudian, tentu saja, saya ingin mengunjungi The Great Wall atau lebih kita kenal dengan sebutan Tembok Besar. Lalu ada Stadion Nasional yang berbentuk sarang burung yaitu Bird Nest.

Kalau saya teruskan searching via internet, sepertinya akan terus berjejer alternatif destinasi yang menarik, termasuk juga wisata alam. Tapi yang terpenting, sekarang saya mau intip-intip dulu harga tiketnya, mumpung ada promo menarik dari China Airlines. ๐Ÿ˜€

Featured photo:ย imgur.com

1865143963390123180513

 

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. cerita4musim says:

    Sekalinya pake China Airlines pas ke Melbourne, waktu transitnya sengaja pilih yg lamaaaa bgt, jadinya bonus kita bisa ngeliat Beijing dan Guangzhou gratis, modal bikin visa aja, dan bulan Desember juga pas thn lalu yang artinya pas winter ๐Ÿ™‚

    Liked by 1 person

    1. Maisya says:

      Wah asiknyaaa.. Iya ya, kalau ada kesempatan eksplor kota pas transit sebisa mungkin dimanfaatkan. ๐Ÿ˜€

      Like

  2. Sharon Loh says:

    Wah, keliatan menyenangkan ya, Maisya! Aku pingin banget cobain main ice skating di danau beku itu. Kebetulan adik iparku kuliah nya di Beijing, jadi aku sempet diajak mampir kesana waktu dia wisuda. Tapi bukan pas winter >,< Pingin balik lagi ih~

    Liked by 1 person

    1. Maisya says:

      Pas winter enaknya ada salju dan es ya. ๐Ÿ˜€ Sebenarnya ada hal-hal menarik yang bisa dinikmati setiap musimnya. Kalau summer biasanya banyak festival.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s