Other Stories

Setahun ‘Nulisaja’

Dear pembaca yang budiman,

Mau numpang repost ya. Kebetulan saya lagi blog walking ke blog saya sendiri *gubrak*. Maksudnya blog lama saya, pindahan dari multiply.com yang kini telah tiada. Nah secara acak saya membaca tulisan di bawah ini, menjelang ulang tahun pertama blog saya di nulisaja.multiply.com (saya pertama kali ngeblog di situ November 2006). Berhubung sebentar lagi blog wordpress ini juga berulang tahun pertama, I feel like reposting this.

Kalau nggak mau baca juga nggak apa-apa, biar saya aja yang baca sendiri. :p

——————————————————————

13 November 2007

B-L-O-G!

Tenyata udah setahun semenjak saya memasuki belantika blog di Multiply ini…Pertama kali denger pas kelas 3 SMA…Lagi musim-musimnya Friendster tuh, terus ada fasilitas baru bernama blog. “Blog itu apaan sih, No?” Saya nanya sama si Ino yang saat itu lebih melek soal dunia internet. Terus dia bilang kalo kita bisa ngepos tulisan kita dan ntar orang-orang bisa baca. Hahaha…saya senang karena nggak usah kebanyakan “nyampah” di bulletin board lagi!

Tapi lama-lama bosen juga ngeblog di Friendster dan akhirnya pindah ke Multiply tepat setahun yang lalu, 14 November 2006. Waktu itu ngenetnya di warnet Teknik Elektro UNY (masih inget banget…soalnya warnet langganan anak kos sih. cuman Rp.1000/jam. Silakan ngenet ampe sakit mata! hahaha…)….

Ngeblog itu kalo emang diniatin sih bermanfaat banget dan nggak sekedar numpang eksis aja. Dan alhamdulillah setelah punya dunia baru di Multiply, saya ketemu temen-temen baru yang banyak ngasih berbagai saran, informasi, dan paradigma baru dalam berpikir.

Kenapa sih nama blognya “nulisaja”?? 

Yah…kalo namanya “tiduraja” berarti kapan ngeblognya? Hehehe… (krik…krik…*garing!*)
gitu aja kok repot? *kata Gus Dur*

Saya nggak tahu semenjak kapan suka nulis, walapun isinya cuman ocehan-ocehan anak muda (cie…masih muda!) dalam melihat dan menilai dunia di sekelilingnya. Banyak hal yang bisa kita tulis, baik itu pengalaman, opini, atau pengetahuan yang kita punya. Dalam persepsi saya, poin pentingnya adalah SHARING. Saya selalu inget Om Confusius bilang, “Life is learning, sharing, and teaching”) dan menulis adalah salah satu cara mewujudkannya.

Tapi kalau saya lihat, banyak orang-orang yang bilang dirinya nggak bisa nulis. Padahal kalo udah lulus SD, pastinya udah bisa nulis kan… Nggak mungkin bapak dan ibu guru ngelulusin muridnya yang belom bisa nulis, hehe…. Mungkin makna dari “menulis” itu mengalami penyempitan. Menulis bukan sekedar menulis. Ya emang iya sih…

Tapi sebenernya semua orang bisa menulis sesuai kesukaan atau bidang keilmuannya masing-masing. Misalnya nggak semua orang bisa nulis cerpen, pun nggak semua cerpenis bisa bikin novel. Nggak semua mahasiswa bisa nulis artikel sampai bisa dimuat di koran seperti Kompas dan Republika, tapi baru sampai di level majalah kampus doang. Semua itu butuh proses, yang penting kita belajar.

Nggak semua penulis bikin tulisan yang serius, karena di dunia ini masih ada aja orang yang suka ngocol dan masih banyak orang-orang yang perlu dihibur. Jadi, tulislah yang kamu suka.

Makanya di halaman muka saya nulis…

Kata orang tulisan lo jelek, nulis aja!
Kata orang tulisan lo ngebosenin, tetep nulis aja!
Kata orang, tulisan lo dah lumayan bagus, tetep nulis juga! (en jangan sombong!)

Semoga kita bisa senantiasa menulis untuk kebaikan bersama.

13 thoughts on “Setahun ‘Nulisaja’”

  1. Gak nulis gak gahul yak cha? 😀 Btw keknya belanda dan sekitarnya bakal rame nih.. Ada hujai juga.. hahaha..

    Like

      1. Ahahaha.. lo aja yang ke Jerman.. Gak penasaran sama syutingnya film habibie ainun? hahaha..

        Like

Leave a comment