Indonesia, Traveling

Santai di Taman Kota Jakarta

Buat yang sudah bosan jalan-jalan ke mal di akhir pekan, boleh dicoba lho refreshing sambil duduk-duduk cantik di taman. Jangan lupa bawa kecrekan ya… *eh*

Saya dilahirkan bukan sebagai pecinta mal. Ke mal biasanya sudah ada tujuan yang jelas, misalnya ke toko buku, nonton, atau memang ada janji sama teman. Maklum lah, di kota minim ruang terbuka hijau ini mal dirasa paling mudah untuk dijadikan meeting point. Namun demikian, hampir tidak pernah saya ke mal hanya sengaja untuk duduk-duduk ngopi atau window shopping.

Jadi ceritanya beberapa minggu ini saya dan Chendra menyempatkan mampir ke beberapa taman di Jakarta. Baru tiga sih, yaitu Taman Menteng dan Taman Suropati di daerah Menteng, serta Taman Ayodya di antara Jalan Barito, Mahakam, dan Melawai. Kalau ke Taman Menteng sih sudah pernah sebelumnya. Di sekitar taman itu juga banyak pilihan kuliner yang biasanya ramai dikunjungi pembeli saat malam tiba.

Apa menariknya jalan-jalan ke taman? Karena di Indonesia tidak terlalu banyak taman, orang pergi ke taman malah suka dipertanyakan. Iya nggak sih? Kalau di negara-negara maju taman biasanya menjadi ruang publik favorit dimana orang bisa duduk-duduk baca buku, mengobrol, berkesenian, menikmati dan mengamati pemandangan sekitar, dan lainnya. Di Indonesia seharusnya taman juga memiliki fungsi yang kurang lebih sama secara sosial (kalau fungsi lingkungan sudah jelas lah ya).

Taman Ayodya
Taman Ayodya

Di Taman Suropati, misalnya, sore itu saya menyaksikan sekumpulan musisi jalanan bermain biola di suatu sudut taman. Di sudut lain, anak-anak bergembira ria bermain di sekitar air mancur. Sementara di pinggiran taman berbaris penjual makanan dan minuman di gerobak maupun sepeda. Aktivitas lainnya yang ada di taman adalah berolahraga. Taman Menteng, misalnya, yang memiliki sebuah lapangan basket yang biasanya ramai oleh remaja di sore hari.

Kalau mau seru, bisa juga jalan-jalan ke taman dengan berbekal tikar dan makanan dari rumah. Jadi judulnya piknik ya, hehe… Kamera jangan ketinggalan supaya bisa mengabadikan momen seru bersama teman atau keluarga. Oh ya, beberapa taman kota di Jakarta saat ini sudah ber-wifi gratis lho, di antaranya Taman Suropati, Taman Langsat, Taman Ayodya, Taman Menteng, Taman Situ Lembang, dan Taman Lapangan Banteng. Lumayan ya, bisa santai sambil update status atau posting foto. *tetep*

Taman Suropati menjelang malam
Taman Suropati menjelang malam (foto: Chendra)

Bagi para orang tua, menurut saya mengajak anak-anak bermain ke taman adalah salah satu pilihan yang menarik. Daripada ke mal bawaannya konsumtif ingin belanja ini-itu yang belum tentu diperlukan. Seru juga kan ke taman bisa bebas lari-larian. Atau sambil duduk-duduk anaknya dibekali kertas dan alat tulis. Mereka bisa meggambar, menulis puisi, atau apa saja yang sifatnya mendidik.

Jadi, kalau mau refreshing tak melulu harus pergi jauh ke luar kota kan? Bagi kita yang tidak punya banyak waktu untuk berlibur, yuk coba kenali kota kita sendiri dan temukan tempat-tempat menarik yang ada di dalamnya.

A17D533814F5A072D998E94BEDF101B5

11 thoughts on “Santai di Taman Kota Jakarta”

  1. yang perlu di-rpomote juga mba, ecopark di ancol. orang kalo ke ancol taunya cuma dufan sama seaworld atau pantainya, padahal tamannya asik banget buat sepedaan. gratis pula masuknya. tapi pohonnya masih kecil2, belum banyak yang rindang.

    Like

Leave a comment