Indonesia, Traveling

Misi Rahasia ke Gunung Api Purba Nglanggeran

Suasana Nglanggeran terlihat dari puncak
Suasana Nglanggeran terlihat dari puncak (foto: Chendra)

Beberapa akhir pekan belakangan ini saya jarang jalan-jalan. Seringkali akhir pekan dihabiskan untuk rapel beres-beres rumah, belanja kebutuhan sehari-hari, ataupun istirahat dan leyeh-leyeh. Menulis pun tidak. Sampai-sampai kata Rinta via Twitter, “kamuuuu kok gak pernah keliatan di WP, sibuk ya cha?” Glek. Sibuk bermalas-malasan mungkin iya. Ditambah musim hujan begini jadi enggan keluar rumah.

Saya dan suami saya, Chendra, pun sadar bahwa kami membutuhkan penyegaran. Karena sudah lama ingin mencoba mendaki santai ke gunung api purba Nglanggeran, kami bersepakat untuk pergi ke sana akhir pekan lalu. Semesta pun berkonspirasi memberikan sinar mentari yang cerah ceria. Alhamdulillah jadi tambah semangat.

Continue reading “Misi Rahasia ke Gunung Api Purba Nglanggeran”

Advertisements
Asia, Traveling

Winter Sonet (Dimuat di Majalah JalanJalan Mei 2013)

Halaman pertama tulisan saya. Fotonya spektakuler ya. Tapi itu foto tambahan dari redaksinya. :D
Halaman pertama tulisan saya.

Halo Semua!

Alhamdulillah tulisan saya yang bercerita tentang pendakian ke Seoraksan, Korea, dimuat di Majalah JalanJalan edisi Mei 2013. Ini adalah kali pertama saya mencoba kirim tulisan ke JalanJalan dan beruntung karena langsung dimuat. Yah..walaupun ngirimnya bulan apa, dimuatnya bulan apa. Hehe… Berdasarkan pengalaman sih waktu ‘antre’ sampai tulisan kita bisa dimuat itu cukup beragam, kira-kira dua sampai dengan empat bulan (bukan kita doang kan yang kirim tulisan. :D). Tergantung juga media massanya terbit mingguan atau bulanan.

Tulisannya bisa dibaca di SINI (namun tentu lebih lengkap dan lebih banyak foto di majalahnya).

Continue reading “Winter Sonet (Dimuat di Majalah JalanJalan Mei 2013)”

Asia, Traveling

Mendaki Gyeryongsan

816 meter dpl
Matahari terik menyengat, tiada rasa dingin sama sekali
Oh, inikah puncaknya?
Ketika tiada hal lain kecuali langit, mentari, angin, rumput, bebatuan
Khas keindahan alam di ketinggian yang jauh dari kebisingan
Angin berkata, “Hendak kemanakah kau menuju?”
Aku bilang, “Kesana, menjelajahi dunia. Terbang bersamamu.”

(Summer 2007)

Continue reading “Mendaki Gyeryongsan”

Asia, Traveling

Korea Utara: Ada Kekakuan, Juga Kehangatan

 Dari balik jendela yang basah oleh air hujan

Pemandangan silih berganti tiap detiknya

 

Adalah kekakuan

Satu kata yang menggambarkan banyak hal di luar sana

 

Bukan karena gunung-gunung bebatuan yang tinggi menjulang

Melainkan sosok-sosok itu, yang berdiri dalam diam

Berseragam hijau tua dan berdiri tegak

Nyaris dimana-mana, juga di tengah sawah yang sepi

Para tentara yang siap siaga di daerah perbatasan dua negara, yang dulunya adalah saudara

*** 

Democratic People’s Republic of Korea, atau lebih dikenal dengan nama Korea Utara, adalah negara yang terletak di Semenanjung Korea, sebelah selatan daratanChina. Sebelumnya, saya tidak pernah membayangkan dapat menginjakkan kaki di Korea Utara. Negara tersebut selama ini dikenal karena percobaan nuklirnya atau karena sangat tertutup dan dipimpin oleh seorang yang sangat otoriter bernama Kim Jung Il (setelah meninggal dunia beberapa waktu lalu, Kim Jung Il digantikan oleh putranya, Kim Jung Un). Gambaran yang cukup membuat enggan untuk berkunjung ke sana, namun bisa jadi juga membuat orang penasaran dan memiliki keunikan tersendiri.

Continue reading “Korea Utara: Ada Kekakuan, Juga Kehangatan”