Bukan Tesis Biasa

“Mbak, tolong bacakan daftar isinya ya, Mbak…” Tadi adalah sore kedua pertemuan saya dengan T, mahasiswi S2 jurusan Pendidikan di salah satu universitas negeri di Yogyakarta. Sebuah gang sempit di Jalan Parangtritis membawa saya menuju Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (Yaketunis). Di sana ada SLB dan MTsLB Tunanetra serta asrama bagi para siswa dan alumninya (yang…

Sebuah Awal untuk Akhir yang Lebih Baik

“When you pay attention to the beginning of the story, you can change the whole story.” – The Beginning of Life Pagi itu saya sudah sampai di suatu sudut Jalan Prawirotaman IV (Karangkajen), Yogyakarta. Perjalanan ke sana hanya perlu berkendara motor sebentar dari rumah. Milas namanya. Baru-baru ini seorang teman memberi tahu bahwa Milas adalah…

Obrolan Meja Makan

Terkadang ketika kita sedang traveling dan menjadi turis, kita cenderung ingin mencoba hal-hal baru, terutama yang khas dari kota yang kita kunjungi. Hal ini juga berlaku saat saya tinggal di negeri orang untuk belajar dalam jangka waktu tertentu. Berhubung saya tidak akan lama di negara tersebut, saya menyempatkan untuk mengunjungi tempat-tempat yang menarik hati saya….

Nggak ada noda ya nggak belajar

Pagi itu wajah-wajah ceria telah hadir di SDN 4 Telukjatidawang, Bawean. 11 Juli 2011, hari pertama di tahun ajaran 2011-2012. Bagi kebanyakan anak, pertanyaan yang muncul ketika kembali bersekolah adalah “saya akan belajar apa”. Tidak demikian dengan murid-murid di sekolahku. Wajah ceria mereka disambut oleh kenyataan bahwa pembangunanan ruang kelas mereka belumlah selesai. Maka pertanyaan…

Berpuasa pada Musim Panas

Berpuasa bukanlah persoalan di mana dan siapa yang berpuasa lebih lama. Tentu saja bukan. Tetapi pastinya ada cerita tersendiri dalam menjalankan puasa di perantauan, dengan cuaca yang panas, waktu puasa yang lebih lama dari biasanya, ditambah lagi berpuasa di tengah masyarakat dengan mayoritas tidak beragama islam. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, waktu dari azan…

Yang Menyakitkan

Selain banyak kebaikan, di dunia ini banyak sekali konflik dan tindak kejahatan yang terjadi, baik itu yang skalanya perseorangan maupun masif. Sebagian banyak diberitakan di media massa, sebagian lagi tidak. Sebagian yang tidak diberitakan di media massa, mungkin viral di media sosial, namun sebagian lagi tidak. Dan di luar yang kita ketahui, masih banyak duka yang…

Kehidupan sebagai Muslim di Korea

Saya pernah mendengar beberapa orang berkomentar kira-kira seperti ini, “Yah… gitu deh, kalau udah kelamaan tinggal di luar negeri (yang bukan mayoritas muslim – pen) lama-lama bisa jadi liberal.” Pertama, perlu dijelaskan liberal yang dimaksud itu seperti apa. Kedua, sebenarnya saya tidak bermaksud membahas tentang liberal, moderat, maupun konservatif. Islam adalah islam (baca: Don’t Call Me…

Baju Mark Zuckerberg

Hari ini, satu di antara banyak status yang muncul di newsfeed Facebook saya adalah status dari CEO Facebook Mark Zuckerberg. Ternyata Mark sedang bingung tuh, kira-kira mau pakai baju apa ya hari ini? 😀   Beragam komentar muncul menanggapi statusnya ini. Salah satu komentar yang menarik perhatian saya adalah dari pengguna Facebook bernama Youssed Zakouri. Dia berkomentar…

Drama

Bagiku ini adalah drama, tetapi mungkin tidak bagi orang-orang Bawean. Awal Januari aku dan teman-teman Pengajar Muda (PM) Bawean hendak kembali ke Pulau Bawean karena masa libur sekolah telah usai. Sayang seribu sayang. Sudah seminggu belakangan kapal Bahari Express tak beroperasi. Hal ini tak lain karena cuaca yang sedang tidak bersahabat. Angin kencang dan gelombang…

Giveaway: Hello 2016! Hello Friends!

Mau merayakan tahun baru ataupun tidak, kita sama-sama ganti kalender kan? Hehe… Nah, di hari dengan kalender baru ini saya mau berbagi kebahagiaan sekaligus syukuran rumah lama dengan alamat baru yaitu https://maisyafarhati.com/. Lewat blog ini, selain berinteraksi dengan teman lama, alhamdulillah banyak teman baru yang kemudian saya kenal. Sebagian pernah saya temui langsung, sebagian lagi berteman via media…

IMSO (In My Sotoy Opinion)

Hari ini ramai sekali berita dan berbagai komentar di media sosial mengenai adanya larangan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan terkait layanan transportasi berbasis aplikasi internet seperti Go-Jek, Grab Taxi, dan layanan sejenis lainnya (baca: Ini Aturan yang Membuat Go-Jek Cs Dilarang Beroperasi oleh Kemenhub). Kabarnya bukan aplikasi internetnya yang dipermasalahkan melainkan penggunaan kendaraan pribadi yang dijadikan transportasi…

Udah ‘isi’?

“Kapan hamil?” Tanya seseorang sambil tiba-tiba memegang perut saya. Kejadian itu berlangsung di sebuah acara pernikahan seorang kerabat. “Kalau tahu sih pasti saya kasih tahu. Sayangnya saya nggak tahu.. karena itu kan kehendak dan rahasia Allah,” jawab saya sambil tersenyum. Si Mbak yang bertanya pun langsung terdiam. Beberapa detik setelah mengucapkan kalimat itu saya langsung…