Traveling

Liburan Naik Kereta Api (tut tut tuuut….)

Adakah yang merencanakan liburan awal tahun ini?

Selain lebaran, akhir dan awal tahun adalah masa-masa liburan high season  di Indonesia. Sebetulnya, saya termasuk yang memilih traveling pada low season dengan alasan harga tiket dan akomodasi yang tidak terlalu mahal, serta tujuan wisata yang tidak terlalu ramai. Namun, ada kalanya terpaksa traveling pada saat high season karena menyesuaikan dengan aktivitas pekerjaan atau jadwal teman/anggota keluarga lainnya.

kelas kereta
Foto: Pegipegi

Jika kita berencana melakukan perjalanan pada waktu tersebut, tentu transportasi dan akomodasi menjadi salah satu pertimbangan yang penting. Untuk perjalanan dengan jarak menengah (terutama di dalam P. Jawa), kereta api masih menjadi moda transportasi pilihan. Tak jarang saya dan suami road trip dengan membawa mobil sih, namun terkadang ingin juga perjalanan santai tanpa harus menyetir dan bisa duduk beristirahat di kendaraan.

Selain harganya yang terjangkau, kereta api lebih nyaman dan bebas macet Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir, banyak sekali perubahan positif dalam layanan kereta api. Kereta berangkat tepat waktu, layanan pembelian tiket lebih mudah, fasilitas di dalam kereta lebih baik, dsb. Saya masih ingat, semasa kuliah dulu (sampai dengan tahun 2010), kereta api masih sering tidak on time dan masih banyak pedagang yang masuk ke dalam kereta. Pernah merasakan hal yang sama juga? Hehe..

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika, terjadi kenaikan penumpang sebanyak 52 persen dari rentang tahun 2014 hingga 2018. Jumlah penumpang saat 2014 sebanyak 277 juta orang, sedangkan pada 2018 naik menjadi sejumlah 422 juta orang.

Nah, mengingat tingginya minat masyarakat, tentunya tak ingin kehabisan tiket kereta api saat liburan kan? Di bawah ini ada beberapa tips jitu agar rencana liburan dengan kereta api dapat berjalan lancar:

Tentukan tanggal keberangkatan

Penting sekali untuk menentukan tanggal liburan dari jauh-jauh hari, terutama jika kita akan melakukan liburan dengan teman atau keluarga. Mencocokkan jadwal terkadang menjadi hal yang cukup menantang kan? Memesan tiket kereta api jauh sebelum tanggal keberangkatan akan sangat menguntungkan. Selain karena tak perlu khawatir kehabisan tiket, biasanya masih tersedia banyak pilihan kereta, jenis kelas, serta waktu keberangkatan.

Saat ini, pemesanan tiket kereta api dapat dilakukan 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Hal ini berlaku bagi pembelian online dan pembelian secara offline di loket stasiun. Meskipun masih memungkinkan untuk memesan tiket maksimal 3 jam sebelum keberangkatan, risikonya adalah kita tidak mendapatkan cukup tempat duduk untuk teman-teman dan keluarga. Karena membeli tiket dadakan, keluarga saya pernah terpaksa duduk berpencar-pencar di sejumlah gerbong yang berbeda.

Berburu tiket kereta api melalui situs travel online terpercaya

Saat ini kita amat dimudahkan dengan berbagai marketplace dan platform online yang menyediakan berbagai layanan, termasuk untuk pemesanan tiket kereta api. Kalau dahulu kita perlu antre dan berdesakan dengan calon penumpang lainnya di loket stasiun, saat ini kita dapat melakukan transaksi di mana pun kita berada melalui ponsel.

Screenshot (74)
Di pegipegi, bisa memfilter sesuai pilihan kelas dan budget juga

Salah satu opsi pembelian tiket online terpercaya adalah Pegipegi. Di Pegipegi, kita tak hanya bisa membeli tiket kereta, namun tersedia pula tiket pesawat, tiket bus, travel, dan layanan pemesanan hotel. Pegipegi telah bermitra resmi dengan PT KAI dan Railink dalam layanan pemesanan tiket kereta api. Melalui platform ini, kita dapat melihat jadwal kereta sesuai dengan tanggal keberangkatan dan rute yang dituju.

Pilih kereta sesuai kelas, budget, dan pilihan tempat duduk

Setelah memilih rute yang dituju, saatnya memilih kelas kereta. Saat ini tersedia kelas ekonomi AC, kelas Premium, kelas bisnis, dan eksekutif. Pilihlah kelas kereta yang sesuia dengan budget. Di Pegipegi, kita dapat melihat tips dan gambaran dalam memilih kelas kereta. Misalnya, di dalam kereta ekonomi, penumpang akan memperoleh harga yang relatif lebih murah, namun, kursi yang ditempati tegak, permanen, tidak dapat diputar, dan tidak dapat diatur tinggi rendahnya. Namun, bagi saya, kelas ekonomi saat ini sudah jauh lebih nyaman dibandingkan sebelumnya. Semua kelas, termasuk ekonomi pun, sudah mendapat fasilitas AC.

Berbeda dengan ekonomi, kelas bisnis dan eksekutif harganya relatif lebih tinggi namun memberikan fasilitas lebih nyaman, seperti sandaran kursi yang dapat diatur serta ruang untuk kaki yang lebih lega.   Bagi kita yang memiliki preferensi tertentu daam hal tempat duduk, Pegipegi juga menyediakan fasilitas memilih kursi saat pemesanan tiket. Ini memudahkan kita dalam memilih tempat duduk sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika kita bepergian dengan teman atau keluarga, kita dapat memilih kursi di satu area yang berdekatan. Jika bepergian sendiri, mungkin kita ingin menikmati perjalanan dengan leluasa dengan melihat pemandangan sehingga memilih kursi dekat jendela.

Cek promo liburan

Di Pegipegi selalu ada promo menarik bagi setiap pelanggannya. Di penghujung tahun, misalnya, ada diskon Natal dan tahun baru pada setiap transaksi yang dilakukan. Kita juga perlu rajin mengecek promo yang tersedia pada momen liburan lainnya. Selain itu, banyak doorprize di Pegipegi yang bisa diikuti lho.

Tentukan jenis pembayaran tiket kereta

Pegipegi menyediakan kemudahan dalam metode pembayaran tiket maupun booking hotel. Kita dapat memilih  menggunakan kartu debit, kartu kredit, hingga internet banking dalam bertransaksi. Tentunya, setiap pembayaran yang dilakukan secara online dilengkapi dengan sistem keamanan dan privasi yang terjamin.

Jadi, sudah siap liburan? 😀

signature

1 thought on “Liburan Naik Kereta Api (tut tut tuuut….)”

  1. Btw untuk pemesanan tiket sampai 90 hari kedepan itu sudah berlaku lagi kah? Apakah di semua travel agent atau gmn? Karena beberapa bulan lalu cuma bisa 30 hari aja dan tadi ku check di KAI akses jg cuma bisa check sampai sebulan kedepan :” #cmiiw

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s