Asia, Eurotrip, Traveling

Bring me back to Istanbul

DSC09745 edit
Istanbul dan Galata Bridge

Kalau ditanya kota apa yang sudah pernah saya kunjungi tapi ingin dikunjungi lagi, salah satunya adalah Istanbul, Turki. Saya merasa, kunjungan pertama saya ke sana pada 2014 lalu terbilang singkat (semoga ada kunjungan selanjutnya.. aamiin). Rasanya ingin sekali slow traveling di sana, mengunjungi pasar-pasarnya, manyambangi masjid-masidnya yang begitu indah dan penuh sejarah, menikmati aneka kulinernya, dan tentu lebih banyak berinteraksi dengan orang-orangnya yang amat ramah dan bersahabat.

cinnamonchickpeas
Boza – Foto dari SINI

Saat ini kebetulan saya baru mulai membaca buku berjudul ‘A Strangeness in My Mind’ karya penulis peraih nobel dari Turki, Orhan Pamuk. Rasanya semakin ingin menyusuri kota itu lagi. Menariknya, buku ini menceritakan Istanbul dari masa ke masa. Tokoh utamanya ialah seorang penjual boza. Sebelum penulis menceritakan apa itu boza, saya yang tak sabaran ini langsung saja googling untuk mengintip penampakannya. Oh, ternyata boza adalah minuman fermentasi khas Turki dan beberapa negara sekitarnya. Dulunya, sewaktu masih di bawah kekuasaan Ottoman, meminum alkohol adalah hal terlarang sehingga banyak orang mencari alternatif minuman lain yang tradisional tapi sebetulnya mengandung alkohol. Namun seiring berubahnya Turki menjadi republik dan lebih sekuler, tidak ada lagi larangan meminum minuman beralkohol. Boza pun mulai banyak ditinggalkan karena banyak orang yang lebih memilih meminum bir, anggur, dan lainnya.

Baca juga: Teşekkür 

Sepanjang cerita yang sudah saya baca (yang mana baru sekitar 15% dari keseluruhan buku yang tebalnya 700-an halaman!), ada beberapa nama tempat atau landmark yang saya kenal karena pernah saya kunjungi, salah duanya Galata Tower dan Galata Bridge. Bahkan, saya waktu itu membeli lukisan Galata Bridge tempo dulu, yang kemudian dibingkai dan dipajang di rumah. Lumayan untuk menyimpan kenangan tentang Istanbul.

Galata Bridge adalah jembatan yang menghubungkan dua sisi Istanbul yang dipisahkan oleh Golden Horn, bagian dari perairan Selat Bosphorus. Ya, Istanbul adalah kota yang dipisahkan perairan sekaligus kota yang berada di dua benua berbeda, yaitu Asia dan Eropa. Saya sempat berjalan di atas jembatan ini sewaktu akan kembali dari Galata Tower. Galata Tower sendiri adalah menara di area Galata/Karaköy yang dibangun pada masa Konstantinopel. Saat ini menara ini dijadikan sebagai objek wisata dan titik pandang, serta restoran.

Kembali ke perjalanan melewati jembatan Galata, di sepanjang jembatannya ternyata banyak orang yang memancing atau sekadar menikmati pemandangan. Hal lainnya yang menarik, jembatan ini terdiri dari dua tingkat. Bagian atas untuk dilewati kendaraan dan pejalan kaki, sedangkan di bagian bawahnya terdapat banyak restoran dan tempat bersantai dengan pemandangan Selat Bosphorus. Kalau tidak mau merogoh kocek, bisa juga sekadar duduk santai di dermaga dekat jembatan yang ada di sisi area Eminönü, tempat Topkapi Palace, Blue Mosque, dan Hagia Sofia berada.

Kalau kamu, kota apa yang ingin dikunjungi untuk kedua dan kesekian kalinya? 😊

1865143963390123180513

Advertisements

10 thoughts on “Bring me back to Istanbul”

  1. sepertinya duduk2 santai adalah satu2 nya yang bisa saya lakukan disana, karena bisa GRATIS hahaha
    kalau makan di restonya nanti malah ga ada budget lagi buat ke destinasi selanjutnya, yang penting ada cekrek2 lah minimal hehe

    Like

    1. Hehe.. Iya. Tergantung preferensi aja sih ya. Kalau traveling, aku suka duduk-duduk di taman atau alun-alunnya gitu sambil mengamati sekitar dan foto-foto. 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s