Turnamen Foto Perjalanan – Ronde 36: Taman

IMG_20130921_125949
Salah satu taman di Groningen pada awal musim gugur 2013

Pada sebuah survei yang diselenggarakan Uni Eropa tahun 2013, Groningen didaulat sebagai salah satu kota dengan penduduk paling bahagia di Eropa. Groningen, sebuah kota di ujung utara Belanda, menduduki posisi ketiga dalam kepuasan warganya terkait fasilitas kesehatan (95%), ruang publik (94%), dan pendidikan (89%).

Bagi saya yang belum sampai setahun tinggal di kota ini, hal tersebut tidak mengherankan. Dalam hal ruang terbuka hijau misalnya, Groningen memiliki banyak sekali taman dimana warga bisa berjalan-jalan, berkumpul bersama teman dan keluarga, atau sekadar menghabiskan waktu sambil membaca buku. Taman dan danau menjadi pemandangan lumrah di kota ini.

Saya selalu berharap semakin banyak pula taman yang ada di Indonesia. Taman bukan hanya menjadi paru-paru kota, namun dapat menjadi tempat berinteraksi dan sumber inspirasi bagi warganya.

*Ps: Sila kunjungi laman blog Ari Murdiyanto yang menjadi tuan rumah pada turnamen kali ini.

1865143963390123180513

Advertisements

9 Comments Add yours

  1. Lorraine says:

    Taman bagus karena planologi kota jelas serta pemkotnya setia menurutinya (baca ngga korupsi). Tiap ada permohonan membangun masuk, diuji team khusus Cha. Peraturannya jelas yang boleh dan yang dilarang dibangun.

    Mudah-mudahan di Indonesia semakin banyak yang sadar sebagai taman untuk ruang publik ya.

    Like

    1. Iya memang seharusnya begitu ya, Mbak. Di Indonesia sering banget pembangunan nggak sesuai rencana tata ruang dan wilayah. Apalagi aku sebel di Bekasi sekarang banyak banget mal, buat apa coba. Tapi ya keluarga2 gitu jadinya kalau akhir pekan ya ke mal. Padahal aku memimpikan keluarga itu ya ngumpul2nya di ruang terbuka, gratis, nggak perlu ngabisin uang buat makan di resto, anak2 bebas bermain, jadinya terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
      Aku pas di Jakarta suka wisata taman. Nah sayangnya masyarakatnya juga belum sadar buat menjaga kebersihan dll. Jadi yaa masih sering kelihatan sampah di mana2. Emang proses yaa..

      Like

  2. Firda says:

    Aku pernah baca bukunya Erick Weiner yg The Georaphy of Bliss, Belanda memang termasuk salah satu negara paling bahagia di dunia. Indonesia nggak masuk 😦

    Like

    1. Wah jadi penasaran sama bukunya nih. Iya Indonesia masih punya banyak PR. Tapi kalau dikerjakan bareng2 insya Allah perlahan ada perbaikan. Semoga aja yaa. 🙂

      Like

      1. Firda says:

        Aamiin 🙂
        that’s our duty 🙂

        Like

  3. omnduut says:

    Aiiihhh cakepnyaaa… pingin gowes sepeda juga di taman itu >.<

    Like

    1. Emang nyenengin banget..bisa sepedaan sambil menikmati taman. 😉

      Like

  4. delaimut says:

    groningen gw ingetnya groenscup

    Like

    1. Halo Mbak Dela.. Salam kenal. Iya nanti Juni akan diadakan lagi. 😉

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s