Rachel Getting Married (2008)

Jika biasanya kita melihat penampilan Anne Hathaway sebagai gadis anggun dan baik-baik, di film ini Anne mendapatkan peran yang berbeda dari biasanya. Ia memerankan tokoh Kym, wanita usia 20-an yang harus keluar masuk rehabilitasi narkoba. Pada suatu waktu, ia harus pulang dan kembali berkumpul dengan keluarganya dalam rangka pernikahan kakaknya, Rachel (Rosemarie DeWitt). Kym dan rachel adalah dua orang yang sangat berbeda. Rachel adalah wanita yang sukses dan baru saja mendapat gelar Ph.D. Dibandingkan dengan Kym, jalan hidup rachel bisa dibilang lurus-lurus saja.

Rachel Getting Married adalah drama keluarga yang memperlihatkan realita sebuah keluarga, konflik, serta menggali perasaan para karakternya dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Saat kembali ke rumah, sebagai mantan pecandu narkoba, terlihat Kym agak tertekan dengan atmosfer dan kehadiran para kerabatnya. Di sisi lain ia juga menyimpan penyesalan atas kelalaiannya yang dulu pernah menyebabkan adik laki-lakinya meninggal dalam sebuah kecelakaan. Namun Kym juga menyalahkan sang ibu yang pada saat itu memercayakannya untuk menjaga adiknya, padahal ibunya tahu ia adalah peminum dan pengguna narkoba.

Bagi Rachel, meskipun selama ini hidupnya terlihat sukses dan baik-baik saja, sebenarnya ia menyimpan perasaan galau dalam hatinya dan perasaan tidak diperlakukan adil oleh keluarganya. Karena Kym sering bermasalah, ia merasa selama ini perhatian kedua orang tuanya hanya tertuju kepada Kym dan mereka hanya mengkhawatirkan Kym. Di hari pernikahannya ini, Rachel ingin menjadi seseorang yang spesial di mana ia mendapatkan perhatian dari orang-orang yang disayanginya.

Lewat film ini kita disuguhkan konflik keluarga yang apa adanya. Memang tidak ada adegan-adegan yang luar biasa, kebanyakan film diisi dengan dialog-dialog. Namun, dari plot yang datar itu kita bisa belajar bahwa yang terpenting adalah komunikasi dan saling memahami. Bahwa dalam setiap pertengkaran, teriakan, dan umpatan, sebenarnya masih terselip rasa kasih dan sayang yang terlalu sayang untuk sekedar disembunyikan di hati. Sadar atau tidak, mungkin kita tidak terlalu terbiasa untuk menyatakan rasa sayang kepada keluarga kita. Namun, ada kalanya kita harus melakukannya.

Film berdurasi 114 menit ini juga menampilkan para pemain lainnnya di antaranya Bill Irwin and Debra Winger.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s