Belajar Kebesaran Hati dan Kesungguhan dari Brooke Ellison

Saya secara tidak sengaja menemukan DVD tergeletak di ruang TV. Ketika saya tengok, film tersebut rasanya belum pernah saya tonton. Tanpa basa-basi, saya pun langsung menyalakan DVD player dan duduk manis di depan TV.

One mother. One daughter. One journey.

The Brooke Ellison Story (2004) diangkat dari kisah nyata dan pernah dibukukan. Brooke (Lacey Chabert) mengalami kecelakaan sewaktu kecil yang menyebabkan dirinya lumpuh dan harus selalu menggunakan alat bantu pernapasan. Setelah setahun dirawat di pusat rehabilitasi, orang tuanya (Mary Elizabeth Mastrantonio dan John Slattery) sepakat membawa Brooke pulang ke rumah dan kembali bersekolah, meskipun awalnya banyak yang menentang hal tersebut.

Orang tua Brooke ingin anaknya merasa ia adalah seseorang yang normal seperti anak-anak lainnya. Apalagi, meskipun ia sedang lemah terbaring, Brooke tetap semangat belajar. Perjuangan orang tua Brooke sungguh luar biasa, terutama sang ibu yang harus setia mendampingi Brooke sekolah, ikut duduk di kelas, dan mengikuti pelajaran hingga Brooke kuliah.
Hebatnya, dengan segala keterbatasan, Brooke berhasil masuk Harvard University. Meskipun memiliki kekurangan, Brooke tidak minder di hadapan teman-temannya. Di hari pertamanya masuk kuliah, orang-orang memandangnya dengan tatapan tidak biasa, namun Brooke tersenyum dan menyapa,  “Hi, I am Brooke. I have to use wheelchair because of an accident when I was a kid. It’s not contagious as far as I know.” Dan teman-temannya tertawa renyah sambil bergantian berkenalan dengan Brooke.

Tahun 2000, Brooke lulus dari Harvard dengan predikat Summa Cum Laude. Di hari kelulusan, Brooke memberi pidato di depan para wisudawan lainnya.

“Miracles happen. They happened to me. And they’re happening to you. You need only to look to the people in your lives to see them.”

Brooke kecil setelah kecelakaan
Brooke jatuh cinta kepada seniornya di Harvard
Brooke dan sang ibu (sebenarnya)

Hebat! Salut akan semangat Brooke dan perjuangan keluarganya yang senantiasa mendukung saat salah satu dari mereka mengalami kesulitan. Dan menjadi orang tua…ternyata adalah amanah yang tidak mudah tetapi akan sangat indah jika dijalani dengan cinta dan kesabaran.

Di sekitar kita juga pasti banyak inspirasi semacam itu, termasuk keluarga kita sendiri. 🙂

*Oh ya, ada juga artikel di harvard.edu tentang Brooke Ellison di SINI.

*Foto dari berbagai sumber

Selamat menonton! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s